Jumat, 03 Agustus 2012

Kerajinan Souvenir Jogja

Kerajinan Kulit, Pilihan Oleh-oleh Saat Mudik

Yogyakarta dikenal sebagai penghasil beragam produk kerajinan, termasuk kerajinan berbahan dasar kulit yang digemari baik di dalam negeri maupun mancanegara. Ada macam-macam kerajinan yang dihasilkan di sini, seperti tas, ikat, pinggang, dompet, kalung, dan cincin. Kerajinan ini cocok untuk oleh-oleh untuk sanak saudara saat mudik Lebaran.

Peranjin kulit, Linda Suhendar, mengatakan, diperlukan kesabaran untuk menghasilkan kerajinan tangan kulit itu. Mereka mengandalkan ketrampilan tangan dalam menciptakan motif-motif timbul nan unik.

Seperti dalam pembuatan ikat pinggang kulit. Sebelum membuat, mereka meletakan bahan di atas tatakan. Motif timbul dibentuk dengan mengetok-ngetok alat di atas kulit, bukan dengan teknik embos.

"Handmade lebih etnik, pokoknya kesannya lebih ekslusif," ujarnya, Jumat (3/8).

Usai memberikan efek timbul, lanjut Linda, kulit disemir agar kualitasnya terjaga. "Supaya kulitnya tidak mudah, pecah. Kulitas lebih bagus berapa tahun pun awet tidak retak-retak," ujarnya.

Lalu kerajinan apa yang dicari saat mudik Lebaran tiba? "Kadang ada yang pesan kalung tulisan Allah, Muhammad," jawabnya.

Tak hanya itu, pemudik bisa pula mencari pajangan dinding bertuliskan Allah dan Muhammad dari bahan dasar kulit.(MEL).

sumber : liputan6.com

kerajinan souvenir Jogja

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 TOPENG BATIK